AS Perpanjang Sanksi Kepada Rusia

Hari ini (20/4) Presiden AS Barack Obama telah memperpanjang sanksi terhadap Rusia melalui sebuah perintah eksekutif (executive order). Pemberian sanksi itu dilakukan mengingat “keadaan darurat nasional akibat tindakan dan kebijakan yang telah menegaskan otoritas pemerintah di wilayah Crimea tanpa otorisasi Pemerintah Ukraina yang merusak proses dan institusi demokrasi sehingga mengancam perdamaian, keamanan, stabilitas, kedaulatan, dan integritas teritorial Ukraina.
Sejak Ukraina merdeka pada tahun 1991, pemerintah AS telah menghabiskan lebih dari $ 5 milyar untuk membangun demokrasi, partisipasi masyarakat, dan good governance. Bantuan telah disediakanberdasarkan Undang-Undang Kebebasan Dukungan yang disahkan pada tahun 1992 untuk membantu merangsang ekonomi bekas wilayah Soviet.
Sanksi itu mencakup pembekuan properti dan tabungan di Amerika Serikat milik individu yang dikenakan sanksi, melarang masuk ke Amerika Serikat baik sebagai imigran maupun non-imigran, melarang semua jenis bantuan yang menguntungkan orang-orang tersebut, dan bahkan melarang setiap konspirasi untuk melanggar salah satu larangan yang diatur dalam perintah ini.
Dengan sanksi itu, Presiden Barack Obama pada dasarnya melakukan pengambilalihan setiap properti milik asing yang terletak dalam wilayah AS tanpa perintah pengadilan. Perintah eksekutif ini belum pernah terjadi sebelumnya. Belum pernah Washington menerapkan sanksi terhadap individu yang menggunakan hak mereka untuk menentukan nasib sendiri, seperti yang diberikan kepada mereka oleh Kovenan Internasional tentang Hak Sipil dan Politik (1966).
Ironisnya, pada bulan Juli 2009 AS secara resmi mengakui deklarasi kemerdekaan sepihak Kosovo. Standar ganda AS sehubungan dengan situasi di Crimea telah sepenuhnya terbongkar oleh banyak analis internasional. Henry Kessinger, bekas Menteri Luar Negeri AS (1973-1977) dalam tulisan di Washinton Post 5 Maret lampau telah dengan tegas menyinggung ini. Menurut Kessinger, AS perlu untuk bersabar mengajarkan aturan perilaku yang ditetapkan oleh Washington bagi Rusia yang dianggap menyimpang.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s