Petualang Ekstrem:Gila atau Membuka Wawasan

“Sudah ratusan orang melesat ke luar batas orbit Bumi. Sudah belasan orang menginjakan kaki di Bulan. Tapi, sudahkah kita mengenal Bumi kita sendiri?” (Lisa Levin, Scripps Institution of Oceanography, 2010)

Pertanyaan Lisa Levin di atas tak lekang dimakan zaman. Buktinya, meski penjelajahan atas Bumi telah dilakukan ratusan tahun lalu, umat manusia belum sepenuhnya mengenal planet yang kita diami bersama ini. Sudahkah kita mengenal Bumi kita sendiri?” Pertanyaan dengan nada menggugat ini dilontarkan untuk menghormati 50 tahun “perjalanan” ke dasar samudera yang dilakukan Don Walsh dan Jacques Piccard pada 1960. Hingga kini perjalanan nekad dengan kapal selam mini Trieste ke dasar Samudera Pasifik sedalam 10.911 meter itu belum pernah diulang oleh siapa pun.

Walsh dan Piccard sebenarnya tidak sendiri. Di masa silam, semangat yang bergelora telah sama-sama mendorong Ferdinand Magellan, Thor Heyerdahl, Christopher Columbus, dan Marco Polo untuk melakukan perjalanan serupa. Dengan keberanian di atas rata-rata, mereka menjelajah lautan, daratan serta belantara yang hampir tak pernah dipikirkan orang-orang pada umumnya. Semua dilakukan demi mencari dunia baru atau batas-batas pijakan baru (the unknown frontier). Untuk menguji pendiriannya, Magellan bahkan sampai harus menebus dengan nyawa.

Dalarn Edisi Koleksi Angkasa The Most Extremely World Expeditions — 11 Penjelajahan Terhebat Mengenal Bumi ini, Anda akan ajak mengikuti kisah penjelajahan atau ekspedisi yang dilakukan para petualang ekstrem. Meski terkesan gila, perjalanan mereka sesungguhnya amatlah inspiratif dan membuka wawasan. Perjalanan mereka telah membuat kita, kini, mengenal dunia lebih akurat. Dalam buku ini juga diulas Ekspedisi ke Lembah X, Papua, yang dilakukan Pierre Dominique Gaisseau bersama tim khusus TNI Angkatan Darat. Perjalanan mereka sama gilanya. Iangan lewatkan buku yang amat spesial ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s