A.U.S.A: Komedi Besutan seorang Jaksa

Diantara jenis-jenis tayangan televisi di Amerika Serikat adalah tayangan bertema hukum baik yang bersifat fiksi maupun faktual. Misalnya yang diproduksi oleh Century Fox Television, yaitu tayangan situasi komedi yang berjudul “A.U.S.A.” Ini singkatan dari “Asistantance United State Attorney.” Tayangan selama setengah jam ini merupakan serial hukum yang diproduksi dengan kontrol penuh dari jaksa atau bekas jaksa. Serial ini ditayangkan oleh televisi NBC sejak 2003.

Produsernya, Richard Appel, merupakan sarjana hukum jebolan Universitas Harvard, yang pernah menjadi asisten hakim John Walker di Pengadilan New York, sebelum akhirnya menjadi penuntut umum federal.

Richard Appel

Di awal 1990an, ia mengundurkan diri dari profesi hukum dan mulai mencoba untuk menulis naskah komedi televisi dan kemudian memperoleh respon positif, sebagaimana yang ia terima saat membuat serial kartun yang dimuat di Harvard Lampoon.

Appel kemudian membantu menjadi produser yang mengembangkan serial The Simpson’s dan menekuni profesi serupa terhadap serial produksi jaringan Fox. King of the Hill, dengan bantuannya, berhasil memperoleh penghargaan Emmy Award.

Sumber humor adalah pengalaman Apel sebgai penuntut umum. “Saya menyaksikan bermacam-macam lelucon di dalam dan di luar gedung pengadilan, yang mampu menjadi daya tarik untuk membentuk sebuah karakter,” demikian pernah dikatakannya ketika melakukan wawancara dengan Time. “Anda akan bertemu dengan pengacara yang ngotot melakukan pembelaan, seorang hakim yang cerdas, agen DEA yang jujur, dan segala hal yang menjadi urusan mereka. Hal seperti itu jelas merupakan sebuah anugerah bagi seorang penulis cerita.”

Ia bahkan menerima bahan dari rekan sesama profesi hukum dari perbincangan yang terjadi selama proses peradilan yang kemudian dikemas dalam lelucon dan memberikan pengembangan cerita tersendiri. “Anda harus pergi ke pengadilan, untuk kemudian menemukan suatu hal yang monumental…itu merupakan naskah cerita, yang siap untuk dikemas.” Untuk situasi yang demikian, bahkan bekas atasannya, Hakim Walker, telah memberikan sumbangsih yang begitu besar.

Dalam, komedi situasi tersebut, Scoot Foley, berperan sebagai Adam Sullivan, seorang muda yang menjajal karir sebagai asisten jaksa di New York. Adam telah menjalankan situasi menggelikan selama berkarier sebagai penuntut umum hampir 6 tahun  lamanya. Sesuatu yang tidak masuk seperti datang terlambat dalam sidang yang pertama hingga memaksakan kehendaknya untuk mengajak kencan terhadap seorang hakim.

Scott Foley

Ketika ditayangkan pada 4 Februari 2004, serial ini telah memperoleh pemirsa sebesar 11 juta orang. Bisik-bisik di kalangan industri penyiaran mengatakan bahwa NBC menginginkan supaya A.U.S.A dapat menjadi tandingan serial komedia yang membawa tema serupa yaitu Scrubs.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s